Tag Archives: sagon bubuk

Sasagun, Sagon Bubuk ala Batak

Gak sengaja aku berkenalan dengan si Sagun ini, dan kini malah jadi kedoyananku, buat ngemil2 gitu hehe

Aku tuh saat suka-sukanya pada satu jenis makanan yang kubuat, maka aku akan terus membuatnya hingga bosan xixixi dan karena aku suka sagon bubuk, jadi aku bikin terus sampaiiiii, ga sampai bosan sih, tapi sampai aku gak boleh makan gula banyak2 hikss sedihhh, jadi ga bisa sering2 makan si Sasagun ini.

Menurut wikipedia, Sasagun adalah makanan ringan tradisional khas batak. Makanan ini diproduksi dari tepung beras yang digongseng dengan kelapa dan dicampur dengan gula merah/aren. Soal rasa bisa dicampur dengan nenas atau durian, kacang atau sesuai dengan selera.

Wah campur nenas, durian, atau kacang, bakal tambah enak deh rasanya. Ga sabar rasanya kapan2 pengen coba bila dicampur nenas, durian atau kacang, sayang waktunya belum memungkinkan…

Aku simpan di sini saja ya resepnya, silakan buat yang mau buat 🙂 ini resep hasil trial2 aku setelah berkali-kali membuatnya, plus dengan bantuan Tetty juga yang sudah share tips2 untuk membuat sagon bubuk yang enak, yaitu kelapanya dibanyakin supaya lebih gurih hehe

ini sasagun camilanku, bisa habis sendiri hanya dalam waktu beberapa hari lol

Sasagun

Bahan :

  • 1 kg tepung beras (aku menggunakan tepung beras Rosebrand yang kualitas bagus, tepung khusus untuk kue-kue basah gitu)
  • 2 buah kelapa sedang ukuran besar
  • 600 gram gula aren, disisir kecil2 gitu (500 gram sudah cukup manis sebenarnya)

Cara membuat :

  1. Sangrai tepung beras, tambahkan daun pandan supaya wangi. Sisihkan.
  2. Sangrai kelapa. Dengan api kecil ke sedang ya, sisihkan.
  3. Campur kedua bahan, tambahkan gula aren, lalu sangrai kembali hingga konsistensi yang diinginkan.
  4. Dinginkan, tempatkan dalam wadah.

Sagon Bubuk Tepung Sagu

Aku penyuka Sagon Bubuk, dulu pernah dikasih Sagon Bubuk buatan neneknya Teti, temanku ex American Embassy yang berasal dari Garut. Pernah minta resepnya tapi dasarrr Teti cuekkk, gak dimintain ke neneknya… Kapan2 aku mintain lagi ahh, kali aja Teti lagi rajin, jadi mau minta resepnya xixixi

Pernah sewaktu ke Bandung dsk-nya, sampai ke Pangandaran, aku tuh cari2 di tempat oleh-oleh snack gitu, ga ada satupun yang jual si Sagon Bubuk ini. Entahlah, mungkin kurang peminat kali yaaa…

Jadilah sewaktu browsing2 youtube dan keingat si Sagon Bubuk, aku cari donk resepnya, dan tercuri deh perhatianku ke youtubenya Novi Da Sari dan aku coba deh, tapi buatku masih kurang pas ya resepnya, kudu dicoba2 lagi komposisi gula-tepung dan kelapa sangrainya.

Oh iya, ternyata banyak macam Sagon Bubuk, dilihat dari tepungnya, ada yang dari tepung sagu, tepung tapioka, tepung beras, juga ada tepung ketan (ini udah pernah coba tapi bukan dari tepung ketan kalau sagon bubuk yang kumau, mungkin lebih cocok kalau sagon panggang). Dan ada pula dari gula merah, selain gula pasir. Seperti Sasagun dari Medan, itu menggunakan gula merah. Kapan2 aku coba ahh…

Sagon Bubuk Tepung Sagu

Bahan :

  • Kelapa sangrai 90 gram
  • Tepung sagu sangrai 125 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam secukupnya

Membuatnya mudah sekali, cukup diaduk rata saja semuanya, jadiii… tinggal dikemas deh… maksudnya disangrai dulu ya kelapanya, lalu sangrai tersendiri tepungnya, lalu setelah dingin dicampur semuanya.

Dannn gak sampai 1 minggu sudah habis Sagon Bubukku, bikin lagi deh besok2, semoga aku tetap semangat membuatnya xixixi