Tag Archives: sagon

Sagon Bubuk Tepung Sagu

Aku penyuka Sagon Bubuk, dulu pernah dikasih Sagon Bubuk buatan neneknya Teti, temanku ex American Embassy yang berasal dari Garut. Pernah minta resepnya tapi dasarrr Teti cuekkk, gak dimintain ke neneknya… Kapan2 aku mintain lagi ahh, kali aja Teti lagi rajin, jadi mau minta resepnya xixixi

Pernah sewaktu ke Bandung dsk-nya, sampai ke Pangandaran, aku tuh cari2 di tempat oleh-oleh snack gitu, ga ada satupun yang jual si Sagon Bubuk ini. Entahlah, mungkin kurang peminat kali yaaa…

Jadilah sewaktu browsing2 youtube dan keingat si Sagon Bubuk, aku cari donk resepnya, dan tercuri deh perhatianku ke youtubenya Novi Da Sari dan aku coba deh, tapi buatku masih kurang pas ya resepnya, kudu dicoba2 lagi komposisi gula-tepung dan kelapa sangrainya.

Oh iya, ternyata banyak macam Sagon Bubuk, dilihat dari tepungnya, ada yang dari tepung sagu, tepung tapioka, tepung beras, juga ada tepung ketan (ini udah pernah coba tapi bukan dari tepung ketan kalau sagon bubuk yang kumau, mungkin lebih cocok kalau sagon panggang). Dan ada pula dari gula merah, selain gula pasir. Seperti Sasagun dari Medan, itu menggunakan gula merah. Kapan2 aku coba ahh…

Sagon Bubuk Tepung Sagu

Bahan :

  • Kelapa sangrai 90 gram
  • Tepung sagu sangrai 125 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam secukupnya

Membuatnya mudah sekali, cukup diaduk rata saja semuanya, jadiii… tinggal dikemas deh… maksudnya disangrai dulu ya kelapanya, lalu sangrai tersendiri tepungnya, lalu setelah dingin dicampur semuanya.

Dannn gak sampai 1 minggu sudah habis Sagon Bubukku, bikin lagi deh besok2, semoga aku tetap semangat membuatnya xixixi