Tag Archives: daging

Tauto Daging ala Pekalongan

Sejak bulan kemarin, anakku Callista telah bekerja kembali. Kali ini syukurlah dapat yang dekat, di Kelapa Gading Mall saja. Kerjanya shift, maklum di cafe yang merangkap bakery. Jadi kerap kalau Callista masuk pagi, aku mengantarnya. Tapi kalau masuk siang, Callista berangkat sendiri. Dan aku biasanya memasak untuk Callista bawa sebagai bekal makan sore/malamnya.

Aku tidak selalu rajin memasak juga, kadang bingung mau masak apa. Kali ini (dan biasanya juga sih), aku menyontek resep dari buku ini, mayan lengkap untuk ide masakan sehari-hari:

Untuk rasanya, enak juga ternyata, agak beda yah dengan soto umumnya, karena ada tauco + jahe kali ya…

Mesti masak lagi ini next time 🙂

Tauto Daging

Bahan :

  • 250 gram daging sandung lamur
  • 3 sdm minyak untuk menumis

 

Bumbu halus:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 2 buah cabe merah keriting
  • ½ sdt merica bubuk
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 1 barang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang
  • 1 sdm tauco, pilih yang manis
  • 1 liter air kaldu sapi
  • 1 sdt kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt gula pasir

 

Pelengkap: (saya gak pakai)

  • Bawang goring
  • Seledri
  • Emping goring
  • Irisan jeruk nipis

 

Cara membuat :

  1. Potong-potong daging sandung lamur. Kukus sampai mulai matang. Angkat.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, jahe, serai, dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan tauco, aduk rata. Angkat, sisihkan.
  3. Didihkan air kaldu sapi bersama sandung lamur. Masukkan bumbu tumis, kecap manis, gula pasir, dan garam, aduk rata. Masak hingga daging empuk. Angkat, sajikan.

Sambal Goreng Printil

Sambal goreng printil adalah sajian yang terbuat dari daging giling yang dibentuk bola-bola kecil dan diolah dengan bumbu cabai dan sedikit berkuah santan. Sajian ini biasanya disajikan untuk melengkapi penyajian ketupat, tetapi Anda juga dapat menyajikannya untuk menikmati nasi putih.

Copy dari sedapsekejap.com

Aslinya sih dapat resep ini dari buku masak Yasaboga, gak ngerti artinya Printil xixi ini sih gegara masih punya daging 1 kg sisa Lebaran lalu. Aku gak ikut Lebaran tapi ikut beli dagingnya, murah sih karena ada pasar murah gitu…. Mayan buat asisten2ku, sekilo daging Rp 75.000, murah khan?

Sambal Goreng Printil

Bahan :

  • 500 gram daging cincang
  • 1 butir telur, kocok sebentar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 5 buah cabai merah, iris serong tipis, buang bijinya
  • 7 buah bawang merah, iris tipis
  • 1 buah tomat, cincang
  • 500 cc santan
  • garam menurut selera

Bumbu dihaluskan :

  • 10 buah cabai merah, buang bijinya kalau kurang suka pedas
  • 3 buah bawang putih
  • garam
  • gula sesuai selera

Cara membuat :

  • Campur daging cincang, telur dan garam. Buat bentuk bulat seperti kelereng, letakkan di atas loyang yang sudah dioles minyak, kukus sampai matang (kurang lebih 15-20 menit).
  • Tumis bawang merah sampai harum, masukkan bumbu halus, salam, lengkuas, cabai iris dan tomat. Sesudah layu masukkan santan. Masak sampai mendidih sambil diaduk.
  • Masukkan daging yang sudah dikukus, masak kembali dengan api kecil, aduk sampai kuah mengental dan berminyak. Angkat dan hidangkan.

 

Bola Daging Bumbu Kari

Bola Daging Bumbu Kari ini kubuat karena masih punya daging giling di freezer. Baru beli beberapa hari lalu sih…

Ditambah pula masih punya kentang beberapa buah, juga santan instan. Sebetulnya aku kurang suka masak yang bersantan tapi kadang-kadang pengen juga hahaha

Oh iya, kenapa agak hitam-hitam masakanku? Itu karena merica yang kupakai adalah lada hitam bukan yang bubuk tapi agak kasar gitu, sayang kalau gak dipakai, jadi aku pakai deh untuk masak macam2 hehehe

Bola Daging Bumbu Kari

Bahan :

  • 300 gram daging sapi giling
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • ½ sdt bubuk merica
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :

  • 3 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 1 cm kunyit
  • ¼ sdt merica butir
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun kari
  • 100 ml santan kental
  • 200 ml air kaldu sapi
  • 100 gram kentang, potong dadu besar (seukuran bola daging)
  • 1 sdt bubuk kari (karena gak punya jadi aku pakai bumbu indomie kari saja)
  • 3 buah tomat, belah 4

Cara membuat :

  1. Campur daging giling, telur, merica bubuk, dan garam, aduk rata. Ambil 1 sdm adonan, bentuk bola-bola. Kukus hingga matang. Angkat.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun kari, dan serai hingga harum. Tuang santan kental, air kaldu sapi, dan kentang, aduk rata. Masak hingga mendidih dan kentang empuk.
  3. Masukkan bola daging, kari bubuk, dan garam, aduk hingga bumbu meresap. Tambahkan tomat, aduk sebentar. Angkat

Semur Bola Daging

Bikin bola daging yang menyerupai bakso ini rupanya mudah ya, selama ini kenapa daku males yak xixi

Ternyata juga anakku dan juga ponakanku suka, walaupun mereka makannya gak banyak-banyak, tetep bersyukur masakanku disukai hehe

 

Semur Bola Daging

Bahan :

  • 300 gram daging giling
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica
  • Garam secukupnya
  • 20 butit telur puyuh rebus
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt jintan
  • 1/4 butir pala
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 butir cengkeh
  • 2 cm kayumanis
  • 600 ml air
  • 5 sdm kecap
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1 batang daun bawang, iris

Cara membuat :

  • Campur daging giling, telur, pala bubuk, merica dan garam. Aduk rata. Ambil 1 sdm adonan, isi dengan telur puyuh rebus. Bentuk bola-bola, kukus hingga matang. Angkat.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus, jahe, daun salam, cengkeh dan kayumanis hingga harum. Tambahkan air, kecap manis dan garam, aduk hingga mendidih.
  • Masukkan bola daging, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap. Tambahkan bawang merah goreng dan daun bawang, aduk sebentar. Angkat.

 

Galantine Daging Sapi

Ada yang pernah dengar “Galantine”? Saya sudah lama tahu Galantine, salah satu resepnya yang sudah lama banget pengen saya coba adalah dari resepnya Dapur Elkaje, yang ternyata dah kesohor ke mana-mana hehe

Saya termasuk penggemar mbak Ine, banyak resep-resep di sini yang saya ambil dari blognya mbak Ine. Sebagai orang sebrang tapi taste saya tidak sebrang, malah cenderung menyukai yang manis-manis seperti orang Jawa so, resep-resepnya mbak Ine sangat cocok di lidah saya.

Dulu waktu ke rumah mbak Ine, pernah dimasakin Brongkos, makanan baru buatku, dannnn enakkk lho… Sup Daging mbak Ine juga enak, buktinya sewaktu saya demokan di customer, mereka menyukainya… hmm memang ya mbak Ine keren banget euy…

Resep aslinya ada di bawah ini ya,, saya membuatnya kecil-kecil karena saya suka yang imut-imut xixi penampakannya enggak banget yak tapi rasanya enak lho, walau anakku gak mau makannya hikss

GALANTINE INE

Bahan :

1/2 sdt pala bubuk
10 g Nestlé® Dancow Full Cream
2 butir telur ayam
2 sdm margarin
2 sendok makan Maggi seasoning
20 g bawang bombay cincang halus
300 gr daging sapi giling
6 keping biskuit marie
75 ml air
aluminium foil/kantong plastik panjang
Minyak goreng

bahan Saus:
1 sdm kecap manis
1 sdm Maggi®Seasoning
1 sdm margarin
1 sdt gula pasir
1 sdt tepung maizena, larutkan dalam 1 sdm air
150 ml air
2 sdm saus tomat
20 g bawang Bombay, cincang

Pelengkap :
12 lembar daun selada
2 buah kentang ukuran sedang, potong-potong, goreng
2 buah wortel, potong 4 cm, rebus
50 gr buncis, potong 4 cm, rebus
acar mentimun

Directions:
– Tumis bawang bombay dengan margarine, sampai wangi, angkat.
– Campurkan ke semua bahan ini, aduk rata.
– Masukkan dalam kantong plastik panjang/gulung dengan aluminium foil kukus selama 30 menit.
– Setelah matang, dinginkan, goreng dengan wajan datar, potong melintang, sajikan dengan saus.
– Pelengkap : daun selada, wortel rebus, buncis rebus, kentang goreng, acar mentimun

Saus :
– Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum,
– Masukkan kaldu, kecap, saus inggris, saus tomat dan garam.
– Setelah mendidih, masukkan larutan maizena.
– Aduk hingga saus mengental. Angkat.

Meatball or Bola-bola Daging

Salah satu masakan yang praktis karena tidak sulit, menurutku yang pemalas ini hahaha Karena tinggal beli daging giling, masukkan bawang bombay cincang, dan bumbu lainnya, terus masak deh…

Meatball ini juga bisa kita buat banyak terus simpan di freezer, sewaktu-waktu diperlukan tinggal dikeluarkan. Lebih baik sih disimpan di plastik gitu dalam jumlah tertentu, jadi sekali pakai dan tidak usah dithawing lalu simpan lagi.

Oh iya, aku bikinnya sederhana aja dan fotonya juga sederhana, harap maklum ya xixi

MEAT BALL

Bahan :

  • 200 gram daging giling
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan tepung panir halus (kalau tidak ada, bisa digantikan dengan 1 sdm tepung terigu dan 1 sdm tepung sagu)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sdm tepung terigu untuk pelapis

Bumbu untuk menumis :

  • 3 sendok makan margarin
  • 1/4 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 3 buah tomat, buang biji, cincang halus
  • 2 sendok makan pasta tomat
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 lembar bayleaf (saya skip)
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh peterseli cincang untuk taburan (saya skip)

Cara membuat :

  • Campur daging giling, telur, tepung panir halus, bawang putih, bawang bombay, merica bubuk dan garam. Aduk rata. Bentuk bola-bola sebesar kelereng.
  • Gulingkan di atas tepung terigu.
  • Panaskan margarin, tumis meatball di dalam margarin sampai berubah warna.
  • Masukkan bawang bombay, bawang putih, tomat, dll (kecuali peterseli)
  • Tuang air, aduk sampai matang. Sajikan bersama taburan peterseli.

 

Bola Daging Pecah | Cooking Tips

Bola daging bisa dibuat masakan apa saja. Semur, bistik, atau bahkan opor. Agar tampak cantik dan menggiurkan, bola daging harus padat dan tidak pecah-pecah. Bila pecah, masakan tidak akan menarik lagi.

Penyebabnya :

  • Adonan daging tidak dipadatkan dengan benar ketika dipulung.
  • Bola daging terlalu lembut.
  • Bola daging yang lembut diaduk bersama irisan bumbu yang kasar.

Jalan keluar :

  • Ketika membentuk bola-bola, pulung berulang-ulang sehingga bola daging betul-betul padat. Terutama bila bola daging tidak menggunakan campuran tepung dan putih telur. Atau kepalkan adonan lalu tekan hingga keluar di antara jari telunjuk dan jempol. Lakukan berulang-ulang hingga padat.
  • Kadang bola daging ditambahkan terlalu banyak telur sehingga waktu direbus jadi pecah. Terutama kalau air belum mendidih. Ingat juga untuk mengecilkan api ketik air mendidih supaya letupan air tidak memecahkan bola-bola daging.
  • Ketika membuat bola daging yang lembut, sebaiknya ditumis terpisah dari bumbunya. Bola daging yang tidak terlalu lembek, bisa langsung ditumis bersama bawang bombay atau irisan cabai, tanpa takut pecah.

Soto Daging Bening

Beberapa hari yang lalu ada yang minat ingin membeli Panci Presto Listrik alias Electric Pressure Cooker Hamada tapi masih bingung cara mengoperasikannya, jadi request demo… Dan, lokasinya mayan jauh boo… di Puri Kembangan xixi

Beberapa kali ke daerah Puri Kembangan sih, pertama kali saat kopdar KTM (Kelompok Tukang Makan), di rumah cik Suzie Sasmita, yang diprakarsai mbak Ine. Yang hadir gak banyak sih, cuma mbak Ine, Stella, cik Inge, Jeane dan aku… Aku pun nebeng Stella saat itu dan Stella ternyata menguasai daerah tersebut karena pernah tinggal di dekat-dekat situ.

Kedua kali saat latbar (latihan bareng) membuat jelly art, saat-saat awal maraknya jelly art, di rumah cik Inge. Kali itu aku naik angkot, gak ngerti jalan kalau naik motor. Oh iya, biasa deh aku gaya aja ikutan jelly art padahal mah gak jiwa seni sama sekali jadi gak bisa hikss alias jelekkkk hasilnya, mungkin punyaku yang paling jelek deh…

So, saat ada calon customer yang memintaku untuk mendemokan si Electric Pressure Cooker Hamada di rumahnya (beliau tinggal di apartment), sebetulnya aku masih mikir-mikir, masalahnya gak ngerti jalan, plus terus terang untuk si EPC aku jarang pakai karena apa? listriknya gede boo xixi… di rumah (aku masih nebengdotcom soalnya) listriknya cuma 1300, bisa sih saat ngangkat pertama, tapi setelahnya kadang-kadang lancar tapi kadang byar pet juga, jadi bikin males gitu deh…. kalau keseringan yang ada alat elektronik pada rusak…

Oh iya, kepikiran bikin soto daging bening ini karena resepnya simple, tahu sendiri donk aku gak demen yang ribet-ribet dan juga untuk membuktikan kalau si Electric Pressure Cooker Hamada bisa mengempukkan daging.

Bila ada yang mau mencoba, ini ya resepnya, enak lho rasanya, resepnya siapa dulu donk hehe eh bukan resepku lho, aku nyontek dari blognya mbak Ine, aku demen banget dah nyobain resep-resepnya mbak Ine, sudah terbukti soalnya enak-enak xixi oh iya customerku itu (akhirnya dia beli, horeee…) juga bilang kalau Soto Daging Bening yang kudemokan rasanya enakkkk… oh iya, aku salah sebut, aku bilang Sop Daging Bening xixi (moga-moga doi gak baca yak hehe)

Soto Daging Bening

Bahan:
500 gr daging sengkel, direbus, potong2
2 liter kaldu, dari air perebus daging+air
3 lembar daun bawang, potong 2 cm
3 lembar daun salam
1 lembar sereh
2 potong lengkuas
Garam
merica

Pelengkap
250 gr taoge, diseduh air panas
Jeruk Nipis
Sambal rebus (cabe keriting+cabe rawit merah di rebus, di uleg halus bersama bawang putih dan garam)

Taburan:
Seledri
bawang merah goreng
bawang putih goreng

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm jahe
1 sdm ketumbar

Directions:
1. tumis bumbu halus dan daun salam, lengkuas dan sereh hingga harum
2. masukkan daging yang sudah di potong2, aduk hingga bumbu merata, tuangkan campuran ini pada kaldu
3. tambahkan garam da merica, masak hingga daging empuk
4. masukkan irisan daun bawang

Penyajian:
Taruh taoge pada mangkuk, tuangkan soto daging di mangkuk, beri taburan.
Sajikan bersama sambal dan jeruk nipis

Tips
* Merebus daging agar menghasilkan kaldu yang enak, masukkan daging pada air yang sudah mendidih, rebus dengan api kecil, kira kira 30 menit, sambil di buang buih buih yang muncul di permukaan air perebusnya.
Daging telah matang, tetapi belum empuk.

* Jika menggunakan panci presto, tetap didihkan air terlebih dulu, masukkan daging, tutup panci dan hitung selama 3 menit dari waktu mendesis. Matikan api, tunggu hingga tekanan dalam panci berkurang, buang buih2 yang mengapung di permukaan air perebus. Daging telah matang, tetapi belum empuk.

* Setelah dibumbui, daging bisa di presto lagi, selama 10-15 menit dari waktu mendesis. Soto kilat siap di sajikan

 

Semur Daging Giling ala mertuanya mbak Reny

Dapat resep Semur Daging Giling ini dari mbak Reni Destri yang asli orang Padang, mbak Reni mewarisi kebisaannya memasak maupun baking dari ibunya yang pintar memasak banyak macam masakan Padang. Kita pernah lho latbar di rumah mbak Reni dan belajar dari mamanya mbak Reny (yang ternyata dulunya pernah punya gawean di Libels dan menjahitkan seragam buat Libels, tahu donk group band sekolah yang populer di akhir tahun 90-an (CMIIW) ihh kebayang donk kerennya mamanya mbak Reny yang selain pintar menjahit juga pintar memasak 🙂 Waktu latbar itu kita membuat Ketan Srikaya Duren dan Dendeng kalau tidak salah. Ketan Srikaya Durennya hmm… yummy banget lho, buat penyuka duren pasti suka deh. Sementara Dendengnya juga gak kalah enak alias enak bangettttt… duh kok jadi kebayang Dendengnya yaa jadi ngecess nie, pengennya sih makannya aja gak bikinnya hahaha dasar pemalasdotcom…

Resep Semur Daging Giling ini sangat mudah karena tinggal mempersiapkan bumbunya yang tidak begitu banyak dan daging giling. Aku modifikasi sendiri aja si semur ini lebih ke caranya aja sih, yang maunya lebih praktis hehe

Semur Daging Giling
Semur Daging Giling

Semur Daging Giling

Bahan :

500 gram daging giling

8 siung bawang merah, iris

1 buah bawang bombay, iris

1/2 sdt merica

1/2 sdt pala 1/2 sdm kecap manis

garam secukupnya

4 sdm margarin untuk menggoreng

 

Cara Membuat :

– Campur daging dengan merica, pala dan garam, uleni hingga bumbu merata.

– Bulatkan pipih seperti membuat perkedel, untuk 500 gram daging jadinya lumayan banyak.

– Panaskan margarin di wajan, masukkan daging, tekan-tekan supaya air kaldunya keluar.

– Tutup sebentar.

– Balik2 daging supaya masak merata.

– Kalau sudah hampir habis airnya, tambah sedikit air, asal ada kuah aja, (jangan seperti semur), tutup lagi.

– Di tempat terpisah, goreng bawang merah dan bawang bombay sampai layu.

– Masukkan ke dalam daging (kalau aku dagingnya yang dimasukkan ke dalam bumbu).

– Tambahkan kecap manis, sedikit gula, merica, pala, garam dan kecap manis.

– Siap dihidangkan, boleh berikan taburan bawang goreng.